-->

Slumdog Millionaire (2008)


Director: Danny Boyle 
Producer: Christian Colson
Genre: Drama
Release Date: November 12, 2008
Runtime: 120 Minute
Distributor: Fox Searchlight
IMBD Rating: 8/10
Budget: $15 Million
Worldwide: $377,910,544
Writer: Simon Beaufoy
Cast: Dev Patel, Ayush Mahesh Khedekar, Tanay Chheda, Freida Pinto, Rubina Ali, Tanvi Ganesh Lonkar, Madhur Mittal, Azharuddin Mohammed Ismail, Ashutosh Lobo Gajiwala, Anil Kapoor, Irrfan Khan, Saurabh Shukla, Mahesh Manjrekar, Ankur Vikal, Rajendranath Zutshi, Sanchita Choudhary 

Sinopsis Slumdog Millionaire (2008)

Jamal Malik (Dev Patel), seorang pemuda berumur 18 tahun dan anak jalanan dari daerah kumuh Juhu di Mumbai, adalah seorang kontestan acara kuis televisi Who Wants to Be a Millionaire? versi India, dan dia berhasil mencapai hadiah 10 juta rupee (sekitar 2,1 milyar rupiah). Tinggal satu pertanyaan lagi Jamal akan mendapat hadiah puncak yaitu 20 Juta rupee. Namun, sebelum pertanyaan terakhir tersebut, ia ditahan dan diinterogasi oleh polisi, yang curiga Jamal telah berbuat curang. Alasannya sederhana, bagaimana mungkin anak gembel yang tinggal di kawasan kumuh bisa memenangi lomba. Apalagi lawannya adalah orang- orang yang berpendidikan.

Jamal pun menjelaskan dengan sangat sederhana. Pertanyaan- pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara, yang telah menjadi bagian dari kehidupannya. Kemudian dalam film itu ditampilkan kilas balik dari kehidupan Jamal bersama saudaranya Salim (Madhur Mittal). Kisah Kehidupan Jamal diceritakan termasuk pada saat dia berumur lima tahun, untuk mendapatkan tanda tangan dari bintang Bollywood Amitabh Bachchan, yang kemudian tanda tangan tersebut dijual oleh Salim, segera diikuti dengan kematian ibunya selama Kerusuhan agama di Bombay. Segera setelah itu, Salim dan Jamal bertemu Latika (Freida Pinto), seorang anak perempuan yang juga dari daerah kumuh mereka. Untuk menyambung hidup, Jamal, Salim dan Latika bekerja sebagai pemulung. Sampai suatu ketika seorang laki-laki bernama Maman (Ankur Vikal), seorang gangster yang membuat anak-anak jalanan untuk menjadi pengemis, yang mengajak ketiga anak itu untuk bekerja padanya.

Jamal, Salim dan Latika disuruh Maman untuk mengemis atau mengamen dan harus menyetorkan penghasilannya. Maman ternyata seorang yang sangat kejam, karena seorang pengamen buta bisa memperoleh penghasilan 2 kali lipat dari pengamen normal, Mamantidak segan-segan membutakan mata anak buahnya. Mengetahui kekejaman Maman, Jamal, Salim dan Latika sepakat melarikan diri tetapi dikejar oleh Maman dan anak buahnya.

Jamal dan Salim berhasil lolos dengan cara melompat ke kereta api yang sedang berjalan tetapi Latika tertangkap oleh Maman dan anak buahnya. Akhirnya Jamal dan Salimberpisah dengan Latika. Selama beberapa tahun berikutnya, Untuk bisa bertahan hidup, Jamal dan Salim hidup di atas perjalanan sebuah kereta api, mereka bekerja apa saja seperti menjual barang, mencopet, bekerja sebagai pencuci piring, dan berpura-pura menjadi pemandu wisata di Taj Mahal, di mana disitu mereka mencuri sepatu para wisatawan. Sampai suatu ketika Jamal dan Salim sudah menjadi remaja dan bekerja di sebuah restoran. Atas desakan Jamal, mereka kembali ke Mumbai untuk mencari Latika, Setelah melalui perjuangan panjang akhirnya Jamal dan Salim berhasil menemukan Latika. Waktu itu Latika akan dijual keperawanannya oleh Maman. Salim yang memiliki pistol berhasil membunuh Maman dan membawa pergi Latika. Salim kemudian berhasil mendapatkan pekerjaan dari Javed (Mahesh Manjrekar), penguasa kejahatan saingan Maman. Sesampainya di kamar hotel mereka, ia memerintahkan Jamal untuk meninggalkan dia dan Latika sendirian. Ketika Jamal menolak, Salim menarik pistol kepadanya, dan Jamal menurutinya untuk pergi setelah Latika bisa membujuknya.

Bertahun-tahun kemudian, Jamal sudah menjadi seorang pemuda dan bekerja sebagai operator telepon di India, sebagai operator telepon, Jamal bisa melacak Salim dan Latika. Tapi dia gagal mencari Latika tetapi berhasil menemukan Salim, yang sekarang menjadi ketua gang dalam organisasi Javed, dan mereka bertemu kembali. Salim menyesal atas tindakan masa lalunya dan dia memohon untuk minta maaf pada Jamal atas apa yang telah dilakukannya dulu. Jamal kemudian pergi ke tempat tinggal Javed dan bertemu dengan Latika. Ketika Jamal mengutarakan cintanya kepada Latika, namun Latika tidak menjawabnya dan hanya meminta dia untuk melupakannya. Dan Jamal berjanji kepada Latika untuk menunggu jawaban cintanya setiap hari pada ‪jam 05:00‬ di stasiun CST. Latika mencoba untuk bertemu dengan dia, tapi dia dihalangi oleh anak buah Javed, yang dipimpin oleh Salim, karena Salim juga diam-diam menyukai Latika. Jamal kehilangan kontak dengan Latika ketika Javed pindah rumah di luar Mumbai.

Cinta Jamal kepada Latika ternyata tidak pernah pudar, mengetahui bahwa Latika sangat suka menonton kuis Who Wants to be Millionaire?, Jamal mengikuti kuis itu dan mencapai hadiah 10 juta Rupee, Latika mengetahui hal itu. Salim akhirnya sadar bahwa sekarang Latika lebih memilih Jamal daripada dirinya maka Salim berbuat nekad dengan memberi kunci mobil kepada Latika agar dia bisa pergi menonton Jamal mengikuti kuis Who Wants to be Millionaire secara langsung di tempatnya. Hal itu tentu saja sangat berbahaya karena Javid pasti akan murka jika mengetahuinya.

Trailer Official Slumdog Millionaire (2008)

0 Response to "Slumdog Millionaire (2008)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel